Cek! Ini 20 Kata Mutiara Rayakan Maulid Nabi, Buat Hati Adem

Worshippers pray during the first day celebration of Eid al Fitr at Suleymaniye Mosque in Istanbul, Turkey, June 15, 2018. REUTERS/Huseyin Aldemir     TPX IMAGES OF THE DAY

Maulid Nabi Muhammad SAW jatuh pada hari ini, Senin (16/9/2024). Di hari ini, Umat Islam memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 12 Rabiul Awal.

Untuk merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW, ada banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan seperti membaca Alquran, bersedekah, memberi makan orang lain, hingga mengumpulkan sholawat kepada Nabi. Selain itu, Umat Islam bisa juga membagikan pesan-pesan mutiara kepada para saudara, sahabat, dan rekan seagamanya.

Berikut sejumlah kata-kata mutiara sebagaimana dihimpun CNBC Indonesia dari berbagai sumber:

1. Maulid Nabi 2024, mari kita jadikan sebagai perayaan hari kelahiran Rasulullah yang berkesan bagi semuanya dengan mengikuti jalan yang ditunjuk oleh Allah dan menjadikan dunia ini sebagai tempat yang lebih indah untuk ditinggali.

2. Aku tinggalkan dua hal, Alquran dan Sunnah. Dan jika kamu mengikuti ini, kamu tidak akan tersesat. (Nabi Muhammad SAW)

3. Berbaik hatilah karena setiap kali kebaikan menjadi bagian dari sesuatu, itu akan semakin indah. Setiap kali hal tersebut direbus, ia meninggalkan noda. (Nabi Muhammad SAW)

4. Yang paling esa adalah Allah SWT, yang paling indah adalah ayat-ayat Alquran, dan manusia yang paling sempurna adalah Nabi Muhammad SAW. Selamat Maulid Nabi Muhammad SAW 2023. Semoga kita selalu didekatkan kepada ajaran lurus Islam.

5. Menapaki jejak Rasulullah dan menjadikannya sebagai figur istimewa dalam hidup adalah cara terbaik untuk mengingat-Mu menuju kehidupan lebih baik. Selamat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

6. Semoga Allah SWT senantiasa ada untuk mencerahkan hidup dan selalu ada untuk mencurahkan cintanya. Selamat merayakan Maulid Nabi 2024.

7. Bersemangatlah melakukan hal yang bermanfaat untukmu dan meminta tolonglah pada Allah, serta janganlah engkau malas. (HR Muslim).

8. Sesungguhnya kejujuran akan menunjukkan kepada kebaikan, dan kebaikan itu akan mengantarkan kepada surga. (HR Bukhari dan Muslim).

9. Pada 12 Rabiul awal, Nabi Muhammad SAW datang ke dunia dan menerangi kita, umat Islam, dengan kebaikannya. Semoga kita semua bisa selalu mencontoh segala kebaikan Rasulullah dalam kehidupan.

10. Barang siapa ingin dicintai Allah dan Rasul-Nya, hendaklah dia berbicara benar, menepati amanat, dan tidak mengganggu tetangganya. (HR Imam Al-Baihaqi).

11. Maulid Nabi adalah waktu yang membangkitkan semangat dan memori tentang ajaran yang diberikan oleh Nabi Muhammad. Mari kita tingkatkan pengertian dan pengamatan kita terhadap ajaran beliau.

12. Publik figur yang nyata adalah Nabi Muhammad SAW, maka sudah seharusnya sifat Rasulullah-lah yang menjadi pedoman untuk menjalankan kehidupan di dunia ini.

13. Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.

14. Kebijaksanaan adalah tongkat yang hilang bagi seorang mukmin. Dia harus mengambilnya dari siapa saja yang didengarnya, tidak peduli dari sumber mana datangnya. (HR Ibnu Hibban).

15. Jalan lurus adalah ketika kita mampu mengikuti jejak ketauladanan Rasulullah SAW dalam berbagai aspek kehidupan. Selamat Maulid Nabi 2024.

16. Terima kasih ya Allah, telah memberikan rahmat kepada keluarga kami dan seluruh umat Islam melalui Nabi Muhammad SAW.

17. Rindu ingin merasakan kasih sayangmu sebagaimana mereka yang pernah bersua langsung denganmu, Ya Rasulullah.

18. Ya Rasulullah, kami sungguh rindu akan senyumanmu yang menyejukkan hati.

19. Rabiul awal telah tiba. Sudah saatnya kita meninggikan cinta kepada Sayyidina wa Maulana Muhammad.

20. Bersihkan badanmu dengan air wudhu, bersihkan hatimu dengan Quran, dan lembutkan hatimu dengan berselawat kepada Nabi Muhammad SAW.

kadobet

Breaking! Harga Emas Antam Rekor Tertinggi Sepanjang Masa

Karyawati menunjukkan emas PT Aneka Tambang Tbk. (Antam) di salah satu gallery penjualan emas di Jakarta, Selasa (16/7/2024). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Harga emas Logam Mulia produksi PT Aneka Tambang Tbk pada Senin (16/9/2024) di butik emas LM Graha Dipta Pulo Gadung tercatat Rp1.443.000, naik Rp4.000 per gram. Ini merupakan harga tertinggi sepanjang masa.

Begitu juga dengan harga buyback (harga yang digunakan ketika menjual emas kembali) berada di posisi Rp1.289.000 per gram, naik Rp4.000.

Harga emas dunia sepanjang pekan lalu terpantau bergairah hingga mencetak rekor terbarunya sebanyak dua kali, ditopang oleh prospek pemangkasan suku bunga bank sentral Amerika Serikat (AS) yang kian terang setelah rilis data tenaga kerja yang tetap stabil disertai inflasi masih dalam tren melandai.

Emas kembali mencetak rekor tertinggi sepanjang masa (all time high/ATH) pada perdagangan Jumat (13/9/2024), di mana terakhir emas mencetak ATH yakni pada perdagangan Kamis lalu di US$ 2.511,44.

Pergerakan emas yang bergairah hingga mencetak rekor lagi disinyalir berkat prospek pemangkasan suku bunga bank sentral AS (Federal Reserve/The Fed) yang kian terang setelah rilis data tenaga kerja yang tetap stabil disertai inflasi masih dalam tren melandai.

Dari data tenaga kerja, Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan klaim awal untuk tunjangan pengangguran mingguan untuk periode pekan yang berakhir 7 September 2024 naik 2.000 menjadi 230.000 yang disesuaikan secara musiman.

Sementara itu dari data inflasi, Indeks harga produsen (PPI) untuk permintaan akhir naik 0,2% pada Agustus, dibandingkan dengan estimasi pertumbuhan 0,1%. Angka inti, yang tidak memperhitungkan harga pangan dan energi yang fluktuatif, naik 0,3%, lebih tinggi dari perkiraan 0,2%.

Meski begitu, data inflasi konsumen atau indeks harga konsumen (CPI) AS periode Agustus yang rilis Rabu lalu menunjukkan hasil baik. Dalam basis tahunan tumbuh 2,5%, lebih baik dari ekspektasi yang berharap tumbuh 2,6% dari bulan sebelumnya 2,9%.

Laju inflasi yang secara keseluruhan telah melandai ini setidaknya meredakan kondisi pasar tenaga kerja yang mengecewakan pekan lalu dan ekspektasi pasar terhadap resesi ekonomi.

MengutipReuters, Peter Tuz, presiden Chase Investment Counsel di Charlottesville, Virginia menyatakan data pekan ini cukup meyakinkan untuk The Fed bisa pivot secara lebih konservatif.

“Data minggu ini cukup menegaskan bahwa kita tidak mungkin mengalami pendaratan keras dan bahwa kita sedang mengalami pendaratan lunak. Inflasi turun pada angka konsumen dan produsen,” ungkap Peter.

kadobet

The Fed Bikin Dag Dig Dug, Bakal Lakukan Ini 18 September

Jerome Powell

Bank sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve, membuat dag dig dug. Pasalnya The Fed bersiap untuk mengumumkan pemotongan suku bunga pertamanya selama lebih dari empat tahun pekan ini, tepatnya Rabu 18 September waktu AS atau Kamis 19 September waktu RI.

Pejabat senior di bank sentral AS termasuk Ketua Fed Jerome Powell dalam beberapa minggu terakhir mengindikasikan bahwa pemotongan suku bunga akan dilakukan bulan ini, karena inflasi mereda menuju target jangka panjang bank sebesar dua persen, dan pasar tenaga kerja terus mendingin.

The Fed, yang memiliki mandat ganda dari Kongres AS untuk bertindak secara independen guna memastikan harga yang stabil dan lapangan kerja berkelanjutan yang maksimal, telah berulang kali menekankan bahwa pihaknya akan membuat keputusan mengenai pemotongan suku bunga hanya berdasarkan data ekonomi.

Meski begitu, pemotongan pada hari Rabu mungkin akan sangat berdampak. Pasalnya ini terjadi persis dua bulan sebelum pemilihan umum (pemilu) AS di mana mantan presiden dari Partai Republik, Donald Trump, akan melawan Wakil Presiden AS saat ini dari Partai Demokrat saat ini, Kamala Harris.

Mengutip CNBC International Senin (16/9/2024), perdebatan sengit pasti akan terjadi di tengah pembuat kebijakan Senin dan Rabu nanti. Mereka kemungkinan akan berkutat di berapa besar pemotongan akan dilakukan, 25 atau 50 basis poin (bps).

“Meskipun saya pikir The Fed mencoba mengatakan bahwa mereka bukan hewan politik, kita berada dalam siklus yang sangat liar saat ini,” kata seorang profesor ekonomi di Universitas Northeastern, Alicia Modestino, kepada AFP.

Pemangkasan terakhir yang dilakukan The Fed terjadu Maret 2020. Saat itu, suku bunga dipangkas mendekati nol untuk mendukung ekonomi AS selama pandemi COVID-19.

The Fed mulai menaikkan suku bunga pada tahun 2022 sebagai respons terhadap lonjakan inflasi, yang sebagian besar dipicu oleh krisis pasokan pascapandemi dan perang di Ukraina. Bank sentral itu telah mempertahankan suku bunga pinjaman utamanya pada level tertinggi dalam dua dekade antara 5,25 dan 5,50% selama 14 bulan terakhir, sambil menunggu kondisi ekonomi membaik.

Kini, dengan inflasi yang menurun, pasar tenaga kerja yang mendingin dan ekonomi AS yang masih tumbuh, para pembuat kebijakan telah memutuskan bahwa kondisi sudah tepat untuk pemangkasan. Pemangkasan kecil sebesar 25 bps bisa berguna untuk melonggarkan kebijakan sementara pemangkasan yang lebih agresif sebesar 50 bps akan membantu pasar tenaga kerja meski berisiko memicu kembali inflasi.

“The Fed menyukai prediktabilitas,” kata Modestino.

“Jadi pemotongan 25 bps sekarang, diikuti oleh pemotongan 25 bps lagi pada bulan November setelah putaran data ekonomi berikutnya, menawarkan jalur yang agak lebih mulus bagi perekonomian,” tambahnya meyakini pemotongan kecil akan dilakukan.

“Kami memperkirakan Fed akan memangkas sebesar 25 bps,” tulis ekonom lain di Bank of America dalam catatan terbaru kepada klien.

“Pelunakan pasar tenaga kerja yang berkelanjutan kemungkinan akan memicu pemotongan yang lebih besar jika tidak pada pertemuan FOMC ini maka pada bulan November dan Desember,” tulis ekonom Citi dalam catatan terbaru kepada klien, mengacu pada Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) yang menetapkan suku bunga.

Sementara itu, para trader di Wall Street melihat peluang lebih dari 99% untuk The Fed setidaknya melakukan empat kali pemotongan lagi pada suku bunga di tahun 2025. Di mana The Fed bisa menurunkan suku bunga pinjaman utama menjadi antara 3,5 dan 3,75%, 175 bps di bawah level saat ini.

kas138

Ekspor Libya Turun, Harga Minyak Mulai Rebound!

Kapal tanker Capricorn Sun ditambatkan di pelabuhan Rostock Jerman, Jerman, 5 Agustus 2022. Menurut data pelacakan kapal Refinitiv, kapal tanker Capricorn Sun memuat minyak mentah Mars Sour di lepas pantai Louisiana di Amerika Serikat dan dibongkar di Rostock pada 3 Agustus 2022, saat kilang lokal menguji alternatif minyak Rusia. (REUTERS/Andreas Rinke/File Photo)

Harga minyak pada Senin pagi ini (16/9/2024) mulai rebound, pelaku pasar mempertimbangkan efek penurunan ekspor minyak Libya, meskipun permintaan China masih loyo.

Melansir data Refinitiv, pada akhir pekan lalu, Jumat (13/9/2024) harga minyak terpantau koreksi setelah dua hari naik. Jenis WTI surut 0,46% menjadi US$ 68.65 per barel, sementara jenis Brent turun 0,50% ke posisi US$ 71,61 per barel.

Meski koreksi pada Jumat lalu, pergerakan harga minyak dalam sepekan masih dalam zona hijau, di mana WTI menguat 1,45%, sementara Brent naik 0,77%.

Beralih pada Senin pagi ini (16/9/2024), hingga pukul 08.45 WIB harga minyak terpantau berjuang rebound, dengan WTI naik 0,42%, begitu juga dengan Brent yang merangkak naik 0,25%.

Harga minyak sempat koreksi akhir pekan lalu terdorong aktivitas produksi dan penyulingan di Gulf Coast Amerika Serikat (AS) yang kembali berlanjut, setelah sempat terhenti akibat Badai Francine.

Data Kamis lalu (12/9/2024) menunjukkan bahwa hampir 42% produksi minyak, yang berjumlah lebih dari 730.000 barel per hari, masih ditutup karena badai.

Beralih pada hari ini, harga minyak mulai berbalik stabil lantaran pelaku pasar mulai beralih mempertimbangkan ekspor minyak Libya yang turun akibat perundingan yang dipimpin PBB gagal memecah kebuntuan menguasai bank sentral negara tersebut.

Namun, ada tantangan untuk harga minyak di mana IEA memperingatkan tentang melambatnya pertumbuhan permintaan minyak global, terutama karena kondisi ekonomi Tiongkok yang loyo.

IEA juga memproyeksikan potensi surplus pasokan pada tahun ini, meskipun ada pemangkasan produksi oleh negara-negara produsen minyak (OPEC+).

Data sepanjang Januari – Agustus 2024 menunjukkan ada penurunan 3,1% secara tahunan (yoy) dalam impor minyak mentah ke China. Seiring dengan penurunan permintaan, sang Naga Asia ini juga mencatat penurunan produksi industri terpanjang sejak 2021.

Di AS, kekhawatiran akan permintaan juga meningkat akibat stok minyak dan bahan bakar meningkat minggu lalu.

kas138

Pukul 11:00 WIB, IHSG Menguat 0,7%, Makin Dekati 7.900-an

Pegawai berjalan dibawah layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (6/8/2024). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
Foto: Pegawai berjalan dibawah layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (6/8/2024). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terpantau masih menguat pada perdagangan sesi I Kamis (19/9/2024) sekitar pukul 11:00 WIB, setelah Bank Indonesia (BI) dan bank sentral Amerika Serikat (AS) memutuskan untuk memangkas suku bunga acuannya kemarin.

Per pukul 11:05 WIB, IHSG menguat 0,7% ke posisi 7.884,3. IHSG pun makin dekati level psikologis 7.900.

Nilai transaksi indeks pada sesi I hari ini sudah mencapai sekitar Rp 6,3 triliun dengan volume transaksi mencapai 12 miliar lembar saham dan sudah ditransaksikan sebanyak 614.228 kali. Sudah ada 262 saham yang menguat, 264 saham melemah, dan 260 saham stagnan.

IHSG cenderung cerah bergairah setelah BI dan bank sentral AS (Federal Reserve/The Fed) memutuskan untuk memangkas suku bunga acuannya kemarin.

Kemarin, BI terlebih dahulu memutuskan untuk memangkas suku bunga acuan (BI rate) sebesar 25 basis poin (bp) menjadi 6,00%, dari sebelumnya di level 6,25%. Sementara suku bunga Deposit Facility juga dipangkas menjadi 5,25%, dan suku bunga Lending Facility menjadi 6,75%.

Demikianlah disampaikan Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers, Rabu (18/9/2024).

Pemangkasan suku bunga ini adalah yang pertama sejak Februari 2021. BI mengerek suku bunga sebesar 275 bp sepanjang Agustus 2022-April 2024, sebelum kemudian menahannya pada Mei, Juni, Juli, dan Agustus 2024.

“Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 17-18 September 2024 memutuskan untuk menurunkan BI-Rate menjadi 6%,” kata Perry.

Konsensus CNBC Indonesia yang dihimpun dari 17 lembaga/institusi mayoritas memproyeksikan bahwa BI masih akan menahan suku bunganya di level 6,25%. Sementara terdapat dua institusi yang memperkirakan BI akan menurunkan suku bunganya sebesar 25 kali ini menjadi 6,00%.

Setelah BI memutuskan untuk memangkas BI rate, kemudian pada Kamis dini hari waktu Indonesia, kabar baik datang lagi dari The Fed, di mana bank sentral Negeri Paman Sam tersebut memutuskan untuk memangkas suku bunga acuannya. Bahkan yang lebih mengejutkan, pemangkasan kali ini cukup besar atau hard landing yakni sebesar 50 bp menjadi 4,75-5,0%.

Pemangkasan sebesar 50 bp lebih besar dibandingkan ekspektasi pasar yang hanya 25 bp. Pemangkasan ini merupakan yang pertama sejak Maret 2020 atau empat tahun lalu saat awal pandemi Covid-19.

Seperti diketahui, The Fed mengerek suku bunga sebesar 525 bp sejak Maret 2022 hingga Juli 2023. Mereka kemudian menahan suku bunga di level 5,25-5,50% pada September 2023-Agustus 2024 atau lebih.

The Fed meyakini inflasi AS sudah bergerak menuju target kisaran mereka di angka 2% sehingga mereka akhirnya memilih untuk memangkas suku bunga. Namun, faktor utama dari pemangkasan sebesar 50 bp adalah tingkat pengangguran AS yang melambung.

“Mengingat kemajuan dalam inflasi dan keseimbangan risiko, Komite memutuskan untuk menurunkan suku bunga sebesar 50 bp,” tulis The Fed dalam website resmi mereka.

Sebagai catatan, inflasi AS jauh melandai ke 2,5% (year-on-year/yoy) pada Agustus 2024, dari 3,7% pada Agustus 2023. Tingkat pengangguran mencapai 4,2% pada Agustus 2023, dari 3,8% pada Agustus 2023. Angka pengangguran bahkan sempat menyentuh 4,3% pada Juli 2024 yang merupakan rekor tertinggi sejak Oktober 2021.

Chairman The Fed Jerome Powell dalam konferensi pers menjelaskan pemangkasan suku bunga 50 bp mencerminkan keyakinan The Fed jika kebijakan tersebut bisa membantu pasar tenaga kerja tetapi tetap membawa inflasi bergerak menuju 2% secara berkelanjutan.

Powell menjelaskan mayoritas anggota Federal Open Market Committee (FOMC) mendukung pemangkasan suku bunga meskipun ada yang tidak sepakat dengan pemotongan 50 bp.

“Dot plot” yang berisikan pandangan 19 anggota FOMC juga menunjukkan bahwa 10 dari 19 menginginkan pemangkasan 50 bps lagi di sisa tahun.

Breaking! Rupiah Makin Perkasa, Dolar Ambruk ke Rp15.272

Ilustrasi dolar Amerika Serikat (USD). (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)
Foto: Ilustrasi dolar Amerika Serikat (USD). (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Rupiah menguat terhadap dolar Amerika Serikat (AS) setelah bank sentral AS (The Fed) memangkas suku bunganya dini hari tadi.

Dilansir dari Refinitiv, rupiah menguat 0.38% di angka Rp15.272/US$ pada hari ini, Kamis (19/9/2024). Posisi ini terkuat sejak 5 September 2023 atau sekitar satu tahun terakhir.

Sementara DXY pada pukul 11:02 WIB naik 0,42% di angka 101,01. Angka ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan posisi kemarin yang berada di angka 100,59.

Perkasanya rupiah ini terjadi setelah The Fed menurunkan suku bunganya sebesar 50 basis poin (bps) sementara Bank Indonesia (BI) hanya sebesar 25 bps.

Hal ini menjadi sinyal positif bagi Indonesia karena spread atau selisih antara BI rate dan Fed Fund Rate (FFR) semakin lebar dari yang sebelumnya sebesar 75 bps menjadi 100 bps.

Lebih lanjut, aliran dana asing berpotensi semakin deras mengalir ke domestik dan membuat rupiah semakin perkasa.

Kena Hack Rp 221 M, Indodax Belum Terdaftar di Bursa Kripto RI CFX

Bursa berjangka kripto CFX. (Instagram @cfx_id)
Foto: Bursa berjangka kripto CFX. (Instagram @cfx_id)

Bursa Kripto resmi Indonesia CFX menegaskan bahwa platform kripto Indodax belum terdaftar sebagai anggota bursa CFX karena belum memenuhi persyaratan. Belakangan, CFX diketahui mengalami peretasan pada sistem transaksi aset kripto.

Direktur Utama CFX Subani mengatakan, insiden yang melibatkan salah satu pedagang aset kripto lokal ini telah memicu kekhawatiran di kalangan pengguna dan masyarakat terkait keamanan platform kripto di tanah air. Ia pun menegaskan pentingnya penerapan standar keamanan yang ketat di seluruh industri.

“Insiden ini mengingatkan kita semua bahwa kewaspadaan yang dalam mengelola risiko keamanan siber sangatlah penting,” tegas Subani dalam keterangan resmi, dikutip Jumat, (13/9/2024).

Terkait kejadian ini, CFX memantau proses investigasi yang tengah dilakukan terkait insiden ini. Bursa Kripto pun akan membantu Indodax agar dapat memenuhi standar keamanan yang ditetapkan oleh Bappebti, dengan harapan agar nantinya Indodax berhasil bergabung sebagai anggota resmi CFX.

Ke depan, CFX berkomitmen untuk terus memperketat standar keamanan melalui proses akreditasi dan pemantauan terhadap setiap platform yang menjadi anggota CFX, guna memperkuat perlindungan bagi nasabah dan menjaga kepercayaan terhadap ekosistem aset kripto di Indonesia.

“Keamanan adalah prioritas utama di industri ini. Kami juga akan meningkatkan dan memperketat persyaratan serta proses keanggotaan bursa, sambil berkoordinasi dengan SRO terkait dengan penyimpanan aset nasabah,” jelasnya.

Sebelumnya, Indodax mengalami serangkaian transaksi mencurigakan yang diduga merupakan aksi peretasan pada Rabu (11/9/2024). Hal ini diungkap oleh perusahaan keamanan Web3, Cyvers Alerts.

Cyvers Alerts mencatat terdapat alamat yang dilaporkan menampung aset senilai sekitar US$ 14,4 juta (sekitar Rp 221 miliar) yang kemudian ditukarkan menjadi Ether.

“Peringatan, hey @indodax, sistem kami telah mendeteksi beberapa transaksi mencurigakan yang melibatkan dompet Anda di berbagai jaringan. Alamat mencurigakan tersebut sudah menampung 14,4 juta USD dan menukar token tersebut ke Ether,” tulis Cyvers Alerts di akun X-nya.

CEO Indodax, Oscar Darmawan membenarkan bahwa pihaknya diduga mengalami peretasan.

“Sistem transaksi kami betul diduga mengalami peretasan. Untuk itu, kami melakukan investigasi dan pemeliharaan menyeluruh terhadap sistem yang ada. Selama proses ini, platform web dan aplikasi Indodax tidak dapat diakses. Namun, tidak perlu khawatir, karena kami pastikan bahwa saldo pelanggan akan aman, baik secara kripto maupun rupiah.” pungkas Oscar

Ternyata Kaya atau Miskin Bisa Terlihat dari Wajah, Ini Buktinya

Tak Disangka Benda-Benda ini bernilai miliaran
Foto: Ilustrasi harta kekayaan. (Edward Ricardo/CNBC Indonesia)

Kekayaan dan kualitas diri seseorang ternyata bisa terlihat dari raut wajah. Hal tersebut telah dibuktikan oleh studi yang diterbitkan Journal of Personality and Social Psychology pada 2018.

“Hubungan antara kekayaan dan kelas sosial sudah banyak dibahas dalam penelitian terdahulu. Namun studi ini menemukan bahwa perbedaan kekayaan seseorang bisa tercermin dari wajah setiap orang,” ujar R-Thora Bjorsdottir, peneliti studi tersebut seperti dilansir dari CNBC Make It, Selasa (17/9/2024).

Menurut penelitian tersebut, secara umum orang yang memiliki uang banyak cenderung lebih bahagia dan tidak cemas bila dibandingkan dengan orang-orang yang harus berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidup dasar.

Dalam studi tersebut, para peneliti memilih subjek foto hitam putih dengan ekspresi netral dan tidak menggunakan aksesoris apapun yang terdiri dari 80 foto pria dan 80 foto perempuan. Sebanyak 50% orang pada foto tersebut adalah sosok dengan status masyarakat kelas atas, sedangkan 50% lainnya adalah kelas pekerja.

Foto-foto tersebut kemudian ditunjukkan pada orang lain. Mereka diminta menebak kelas sosial dari masing-masing orang. Hasilnya, sebanyak 68% menjawab dengan benar.

“Ketika ditanya bagaimana caranya, mereka tidak tahu. Mereka tidak menyadari bagaimana mereka bisa menebaknya dengan benar,” kata Bjornsdottir.

Para peneliti lalu melakukan studi lebih lanjut dengan memperbesar fitur wajah. Hasilnya, subjek masih bisa menebak dengan benar ketika mereka hanya melihat mata dan mulut.

Para peneliti menyimpulkan hal ini kemungkinan terjadi karena pola emosi dapat terlihat di wajah seseorang dari waktu ke waktu. Kontraksi otot-otot tertentu dapat menyebabkan perubahan struktur wajah yang dapat dilihat orang lain.

“Seiring waktu, wajah Anda secara permanen mencerminkan dan mengungkapkan pengalaman Anda. Bahkan ketika kita berpikir kita tidak mengekspresikan sesuatu, ekspresi emosi itu masih ada di sana,” ungkap salah seorang peneliti lainnya, Nicholas O. Rule.

“Persepsi kelas sosial berbasis wajah mungkin memiliki konsekuensi hilir yang penting. Orang-orang berbicara tentang siklus kemiskinan dan ini berpotensi menjadi salah satu penyebabnya,” imbuh Rule.

Meski demikian, fakta bahwa kebanyakan orang bisa menebak status sosial seseorang hanya dari wajahnya bisa membawa konsekuensi negatif, terutama terkait bias dan penilaian. Misalnya, orang yang memiliki ‘wajah kaya’ sering kali mendapat perlakuan yang lebih baik dari orang.

“Persepsi berbasis wajah tentang kelas sosial mungkin memiliki konsekuensi yang penting… Kita tahu ada yang disebut siklus kemiskinan dan ini berpotensi menjadi salah satu kontributornya,” kata Rule.

Tetangga RI Diserang Topan Menyeramkan, Korban Jiwa Sampai Ratusan

Foto udara menampilkan banjir akibat Topan Yagi yang melanda provinsi utara Chiang Rai, Thailand, Kamis (12/9/2024). (REUTERS/Anupong Intawong)
Foto: Foto udara menampilkan banjir akibat Topan Yagi yang melanda provinsi utara Chiang Rai, Thailand, Kamis (12/9/2024). (REUTERS/Anupong Intawong)

Sejumlah negara tetangga Indonesia dihantam Topan Yagi selama seminggu. Ratusan orang jadi korban dari badai terkuat Asia tahun ini

Badai itu telah menghantam Fillipina. Lebih dari lusinan orang jadi korban jiwa dalam bencana tersebut.

Berikutnya badai diketahui bergerak ke arah barat menuju China selatan. Akhirnya menuju ke beberapa bagian Vietnam, Thailand, Myanmar dan Laos.

CNN Internasional melaporkan Vietnam utara dan Thailand masih terkena banjir. Badai menerjang daratan, membuat pertanian dan desa terendam air.

Masyarakat setempat harus menghadapi ancaman banjir yang lebih para dan juga tanah longsor, dikutip dari CNN Internasional, Sabtu (14/9/2024).

Foto udara menampilkan banjir akibat Topan Yagi yang melanda provinsi utara Chiang Rai, Thailand, Kamis (12/9/2024). (REUTERS/Anupong Intawong)
Foto: Foto udara menampilkan banjir akibat Topan Yagi yang melanda provinsi utara Chiang Rai, Thailand, Kamis (12/9/2024). (REUTERS/Anupong Intawong)
Foto udara menampilkan banjir akibat Topan Yagi yang melanda provinsi utara Chiang Rai, Thailand, Kamis (12/9/2024). (REUTERS/Anupong Intawong)

Lembaga setempat melaporkan sekitar 226 orang jadi korban badai dan tanah longsor di Vietnam. Topan Yagi juga membuat infrastruktur dan pabrik rusak.

Sementara itu 33 orang dilaporkan tewas sejak Agustus karena insiden terkait hujan di Thailand. Pemerintah setempat menyebutkan 9 kematian terjadi minggu ini setelah Yagi menghantam negaranya.

Sejak beberapa waktu lalu, para ilmuwan telah memperingatkan soal badai menjadi lebih kuat dan mematikan. Penyebabnya karena lautan telah menjadi lebih hangat.

CNN Internasional menuliskan negara maju bertanggung jawab secara historis pada krisis iklim karena manusia. Sementara negara berkembang dan kepulauan mengalami dampak buruknya.

Transmart Banting Harga Sepeda Listrik, Cuma Rp 3 Juta

Diskon besar-besaran sepeda listrik dan motor listrik di Transmart Graha Raya, Bintaro. Sabtu (10/2/2024). (CNBC Indonesia/
Firda Dwi Muliawati)
Foto: Diskon besar-besaran sepeda listrik dan motor listrik di Transmart Graha Raya, Bintaro. Sabtu (10/2/2024). (CNBC Indonesia/ Firda Dwi Muliawati)

Transmart Full Day Sale akan kembali hadir menyapa masyarakat dengan diskon besar-besaran besok, Minggu (15/9/2024). Promo ini berlangsung di gerai Transmart seluruh Indonesia mulai toko buka sampai tutup pada pukul 22.00 WIB.

Seperti biasa, pada program ini pengunjung bisa menikmati diskon 20% bagi pelanggan yang menggunakan kartu kredit Bank Mega, kartu kredit Bank Mega Syariah, dan aplikasi Allo Bank-Allo Prime termasuk Allo Paylater. Bahkan untuk produk unggulan diskon bisa sampai 50% + 20% tergantung jenis produknya.

Nah, bagi Anda yang ingin membeli sepeda listrik, ke Transmart saja karena ada diskon gede-gedean. Di Transmart Full Day Sale, seluruh jenis sepeda listrik didiskon misalnya merek Exotic dan Pasific berbagai tipe.

Aneka sepeda listrik bermerek seperti Exotic dan Pacific didiskon dari harga normal Rp 6.450.000 jadi hanya Rp 3.680.000. Pembeli hemat Rp 2.770.000. Harga ini khusus untuk pulau Jawa.

Sedangkan untuk harga khusus luar Pulau Jawa dari Rp 6.750.000 menjadi Rp 3.968.000, Pembeli hemat Rp 2.782.000.

Sebagai catatan Khusus untuk sepeda listrik maksimal 2 unit. Mau beli sepeda listrik dengan merek berkualitas dan harga murah meriah ke Transmart aja. Promo dan harga diskon hanya berlaku di hari Minggu saja. Cuss beli mumpung diskonnya gede.